Artikel Assyifa

Oleh : Lilis Yuhanah
Jabatan/Bagian : Tim Poly Dots

Diposting Pada Tgl : 12/12/12

Cegah Penularan TBC Paru


Sebagaimana kita ketahui bahwa penyakit Tuberkulosa (TBC Paru) akhir-akhir ini seringkali dijumpai dimasyarakat. Hal ini bias dilihat dengan bertambahnya warga masyarakat yang terjangkit penyakit TBC paru berobat ke puskesmas atau Rumah Sakit. Kuantitas berjangkitnya penyakit ini tidak lepas dari pola hidup masyarakat itu sendiri, baik yang belum terinfeksi kuman ( bakteri) Tuberkulosis maupun mereka yang sudah terlanjur menjadi penderita TBC aktif.

Cara penularan infeksi kuman ( bakteri) tuberculosis dari seseorang yang menderita TBC terhadap orang lain ditentukan oleh banyaknya jumlah kuman ( Bakteri) yang bersarang didalam paru-paru penderita.

Sumber penyebaran penularan TBC di udara bisa berasal dari dahak yang berupa doplet yang keluar disaat penderita batuk atau bersin. Banyaknya kuman ( Bakteri) pada paru-paru penderita TBC dapat diperiksa dan dilihat melalui Mikroskop yaitu pada pemeriksaan dahaknya. Seperti pepatah “ Mencegah lebih baik dari pada mengobati” pepatah ini juga berlaku dan harus digaris bawahi dalam upaya pencegahan TBC paru agar kita terhindar dari penularan .

TINDAKAN PENCEGAHAN TBC PARU OLEH ORANG YANG BELUM TERINFEKSI

1. Selalu berusaha mengurangi kontak dengan penderita TBC paru aktif.

2. Selalu menjaga satandar hidup yang baik, caranya bias dengan mengkonsumsi makanan yang bergizi tinggi, menjaga lingkungan selalu sehat baik itu dirumah maupun di tempat kerja, dan menjaga kebugaran tubuh dengan cara menyempatkan dan meluangkan berolah raga.

3. Pemberian vaksin BCG secara rutin diberikan kepada semua balita.

CARA PENCEGAHAN TBC PARU OLEH PENDERITA AGAR TIDAK MENULAR.

Bagi mereka yang sudah terjangkit penderita TBC aktif tindakan bisa dilakukan dengan menjaga kuman ( bakteri) dari diri sendiri. Hal ini biasanya membutuhkan waktu lama sampai beberapa mingu untuk masa pengobatan dengan obat TBC hingga penyakit TBC sudah tidak bersifat menular lagi. Berikut ini adalah tips dan cara untuk membantu menjaga pencegahan TBC agar infeksi tidak menular kepada orang disekitar anda:

1. Selama beberapa minggu menjalani pengobatan sebaiknya tidak bepergian kemanapun baik itu sekolah, tidak melakukan aktifitas ditempat kerja dan tidak sekamar dengan orang lain meskipun keluarga sendiri , sebagai usaha pencegahan.

2. Sifat dari kuman (bakteri) TBC memiliki kemampuan menyebar lebih mudah didalam ruangan yang tertutup dimana udara tidak bergerak , selalu membuka jendela ruangan untuk sirkulasi udara.

3. Selalu mengunakan masker untuk menutup mulut kapan saja , hal ini merupakan langkah pencegahan TBC secara efektik dan jangan membuang masker yang sudah tidak dipakai

4. Jangan meludah disembarang tempat, meludah hendaknya pada wadah atau tempat yang sudah diberi desinfektan atau air sabun.

5. Menghindari udara dingin dan selalu mengusahakan agar pancaran sinar matahari dan udara segar dapat masuk secukupnya keruangan tempat tidur. Usahakan selalu menjemur kasur bantal dan tempat tidur terutama dipagi dan ditempat yang tepat.

6. Tidak membiasakan saling menggunakan barang atau alat , semua barang yang digunakan penderita TBC tidak boleh digunakan oleh orang lain, baik itu teman,keluarga,terutama anak-anak

7. Mengkonsumsi makanan yang mengandung kadar protein dan karbohidrat yang tinggi

 

Silahkan Berkomentar dengan baik dan sopan

Apakah Anda Mempunyai Pertanyaan?

Untuk Informasi lebih lengkap, Anda dapat menghubungi kostumer service kami 0266-241461/241463

Alamat Jl.Jendral Sudirman No.3 kota Sukabumi 43123
Telp. (0266)22663,241461,241463
Fax. (0266)213433, 223742
Email. rsi_assyifa@yahoo.co.id - pemasaranassyifa@yahoo.com