Artikel Assyifa

Oleh : dr. Anisa Feby Arifani
Jabatan/Bagian : Dokter Umum RSI.ASSYIFA

Diposting Pada Tgl : 12/12/12

Demam Tifoid


Demam tifoid, atau yang biasa kita kenal Demam Tifus adalah penyakit yang disebabkan oleh bakteri Salmonella enterica, khususnya yaitu Salmonella Typhi.Penyakit ini dapat ditemukan di seluruh dunia, dan disebarkan melalui makanan dan minuman yang telah tercemar oleh tinja.

Penyakit ini jarang terjadi pada anak usia < 2 tahun karena biasanya usia BATITA tidak pernah jajan makanan di luar rumah.

Pada umumnya tanda yang dapat muncul pada demam tifoid yaitu demam tinggi lebih dari 7 hari dapat mencapai suhu 39-40ºC, demam terutama dirasakan pada sore dan malam hari. Gejala lain antara lain, badan lemas, sakit kepala, lidah terasa pahit, nyeri otot, nafsu makan menurun, sulit BAB atau BAB agak cair, dan perut terasa nyeri.

Penanganan yang tepat pada tifoid akan mempercepat kesembuhan, karena tifoid dapat memperburuk keadaan pasien. Hal terpenting dalam proses penyembuhan tifoid ini adalah istirahat yang total dengan asupan diet yang baik disertai meminum obat yang sudah disarankan oleh dokter jika ingin rawat jalan. Apabila pasien tidak mampu mengkonsumsi banyak makan atau minum, pasien disarankan untuk dirawat agar tidak terjadi dehidrasi.

Pencegahan yang penting untuk penyakit tifoid ini adalah menjaga higienitas, selalu mencuci tangan yang bersih baik sebelum atau sesudah makan, dan tidak jajan sembarangan ditempat yang higienitasnya buruk.

Catatan :

Setiap tifus selalu terjadi gejala demam,tetapi tidak semua demam harus di diagnosis tifus, justru penyebab paling sering demam adalah infeksi virus. 

 

Silahkan Berkomentar dengan baik dan sopan

Apakah Anda Mempunyai Pertanyaan?

Untuk Informasi lebih lengkap, Anda dapat menghubungi kostumer service kami 0266-241461/241463

Alamat Jl.Jendral Sudirman No.3 kota Sukabumi 43123
Telp. (0266)22663,241461,241463
Fax. (0266)213433, 223742
Email. rsi_assyifa@yahoo.co.id - pemasaranassyifa@yahoo.com