Artikel Assyifa

Oleh : dr.Fachrulri S.Rahman
Jabatan/Bagian : Dokter Umum RSI.ASSYIFA

Diposting Pada Tgl : 23-12-2016

Cuci Hidung


Tiap hari kita selalu terpapar dengan udara di dalam maupun di luar rumah kita, gas, partikel, debu, udara yang kotor sengaja ataupun tidak sengaja mereka akan tehirup akan masuk ke hidung lubang kanan & kiri, masuk rongga hidung lalu ke mulut dan menuju ke paru-paru. Dalam kondisi normal kita punya pertahanan di hidung yang bernama mucocilliary clearance dimana adanya sistem penyaringan oleh bulu-bulu halus yang akan menangkap kotoran dan debu, kuman kemudian membuangnya ke luar dan mengering sebagai kotoran hidung. Akan membuat tubuh kita bebas dari berbagai penyakit. Namun jika fungsi ini terganggu akibat produksi lendir yang berlebihan atau adanya gangguan pada permukaan selaput lendir, akan terjadi kegagalan sistem proteksi hidung. Dan akan menimbulkan berbagai penyakit yang berhubungan dengan hidung hingga saluran nafas. Seperti batuk, pilek ataupun ISPA, radang sinus dll.

Bagaimana cara mencegah segala hal tersebut yang masuk ke dalam hidung, agar tidak timbul penyakit di dalam hidung?

Cara termudah dan terbaik tanpa obat apapun adalah mencuci hidung. Serupa dengan tindakan berwudhu, air yang digunakan pada cuci hidung masuk ke dalam hidung dan mencuci seluruh permukaan hidung dan dikeluarkan lagi. Cairan yang digunakan cairan khusus. Karena tujuannya adalah untuk membersihkan, air khusus yang digunakan harus bersih dan sesuai dengan komposisi cairan tubuh agar tidak terasa perih saat masuk ke dalam hidung.

Langkah CUCI HIDUNG dengan cairan infusan NaCl 0,9% 500cc, Siapkan suntikan 10cc tanpa jarum. Masukkan larutan di dalam wadah bersih seperti gelas Ambil larutan NaCl 0,9% sebanyak 10cc Untuk hidung kanan, miringkan kepala ke kiri, tahan nafas, semprot hidung kanan. Kalo benar, air NaCl akan keluar di hidung kiri. Jika tidak sengaja tertelan atau terhirup pun tidak berbahaya. Lakukan tidakan serupa untuk hidung sebelahnya. Untuk mendapatkan tata cara yang tepat dan informasi lebih lanjut anda dapat mengkonsultasikan ke dokter THT anda. 

 

Tidak hanya mengobati penyakit akan tapi kita dapat mencegah penyakit muncul di hidung, kita dapat melakukan sehari dua kali pagi hari dan sebelum tidur. Prosedur ini aman untuk ibu hamil dan tidak disarankan buat pasien kurang sadar atau anak yang belum dapat mengikuti perintah dengan baik.

 

Silahkan Berkomentar dengan baik dan sopan

Apakah Anda Mempunyai Pertanyaan?

Untuk Informasi lebih lengkap, Anda dapat menghubungi kostumer service kami 0266-241461/241463

Alamat Jl.Jendral Sudirman No.3 kota Sukabumi 43123
Telp. (0266)22663,241461,241463
Fax. (0266)213433, 223742
Email. rsi_assyifa@yahoo.co.id - pemasaranassyifa@yahoo.com