Artikel Assyifa

Oleh : DR.dr.Maruli Mangungsong, Sp.S, M.Epid
Jabatan/Bagian : -

Diposting Pada Tgl : 12/12/12

Stroke bukan hanya darah tinggi


Banyak pasien datang ke rumah sakit atau praktek dokter dengan keluhan darah tinggi (Pasien atau keluarganya menyebutkan menderita darah tinggi walaupun belum diperiksa tekan darahnya) dan pasien dama keadaan lumpuh separuh badan atau bicara sudah rero atau bahkan tidak dapat berbicara. Pasien ini menderita stroke dan darah tinggi adalah salah satu dari sekian banyak faktor terjadinya stroke.

Apakah Stroke itu , menurut definisi stroke adalah suatu keadaan dimana hilangnya sebagian atau seluruh fungsi saraf yang terjadi secara mendadak disebabkan oleh gangguan peredaran darah otak karena berkurangnya suplai darah secara spontan (stroke iskemik=sumbatan) atau pecahnya pembuluh darah secara spontan (stroke hemoragic=pendarahan). Adapun gejala stroke sangat bervariasi yaitu lumpuh separuh badan (kiri atau kanan) dan gangguan rasa sensibilitas separuh badan, bicara rero, gangguan bicara atau bahasa (afasia), gangguan menelan, gangguan penglihatan, mulut mencong, lidah mencong, rasa berputar (vertigo) bahkan bila gejala lebih berat seperti nyeri kepala, pingsan, muntah dapat terjadi terutama pada stroke pendarahan.

Bila gejala-gejala tersebut hanya berlangsung sebentar dan kembali normal ini merupakan gangguan peredaran darah otak secara sepintas (TIA=Transient ischemic attack) yang merupakan suatu peringatan (warning) bahwa stroke akan terjadi. Faktor resiko stroke sangat banyak (multi factor) dan sangat jarang disebabkan oleh satu faktor saja. Faktor resiko stroke ada yang dapat dimodifikasi dan yang tidak dapat dimodifikasi seperti umur, jenis kelamin dan genetik. Makin tua makin tinggi usia seseorang akan makin besar kemungkinan terkena stroke. Adapun faktor yang dapat dimodifikasi atau

dirubah misalkan kebiasaan merokok, minum alcohol, makan makanan tidak sehat, obat-obatan narkoba bahkan beberpa penyakit yang menyebabkan stroke dapat dimodifikasi seperti darah tinggi, kencing manis, penyakit jantung, infeksi dan penyakit gagal ginjal. Secara umum ada 5 faktor yang utama yaitu : darah tinggi, merokok, kencing manis, kelainan jantung dan kolesterol.

 

Pengetahuan mengenai faktor resiko penting untuk pengobatan dan pencegahan terjadinya stroke. Bila seseorang mendapatkan gejala-gejala stroke seperti yang teah disebutkan diatas segera menghubungi rumah sakit atau dokter praktek yang akan menentukan apakah gejala tersebut suatu stroke atau bukan, karena pengobatan segera mungkin akan menghasilkan perbaikan yang berarti karena kerusakan di otak belum permanen dan meluas. Penderita stroke harus segera ke rumah sakit untuk pemberian cairan dan oksigen disamping mencari faktor resikonya dan obat-obatan untuk memperbaiki aliran darah ke otak juga perbaikan dari sel-sel otaknya yang terganggu.

Seseorang yang mendapatkan serangan stroke harus dirawat di rumah sakit yang menghabiskan biaya sangat besar, dan keluar rumahsakit dengan kecacatan yang mengharuskan tetap berobat untuk kecacatannya dan pencegahan kejadian setsroke berulang beserta komplikasinya. Penting untuk melakukan pencegahan primer yaitu dengan mencegah terjadinya stroke dengan menangani faktor-faktor resiko yang dipunyai dan pencegahan sekunder dengan maksud menangani komplikasi stroke serta mencegah terjadinya stroke berulang. Pencegahan primer dan sekunder ini dilakukan di klinik stroke secara holistik dan komprehensif.

Menurut informasi, 6 dari 10 kematian akibat stroke terjadi pada perempuan

DETEKSI CEPAT TERAPI AKURAT

Tips mencegah stroke :

• Mengetahui faktor-faktor riwayat penyakit pribadi anda : tekanan    darah tinggi, diabetes dan kolesterol darah tinggi.

• Jadilah aktif secara fisik dan berolahraga secara teratur

• Hindari obesitas dengan menjaga pola makan yang sehat

• Batasi konsumsi alkohol.

• Hindari asap rokok. Jika merokok, mencari bantuan untuk       berhenti sekarang.

 

 

Silahkan Berkomentar dengan baik dan sopan

Apakah Anda Mempunyai Pertanyaan?

Untuk Informasi lebih lengkap, Anda dapat menghubungi kostumer service kami 0266-241461/241463

Alamat Jl.Jendral Sudirman No.3 kota Sukabumi 43123
Telp. (0266)22663,241461,241463
Fax. (0266)213433, 223742
Email. rsi_assyifa@yahoo.co.id - pemasaranassyifa@yahoo.com